Ratusan Pramuka Penegak Ikuti Gladi Widya Ksatria Kendalisada 2023

 

Sebanyak 128 Pramuka Penegak yang berasal dari 8 pangkalan SMK/SMA/MA di Kwartir Cabang Banyumas

HARIANMERDEKA.ID,Banyumas- Sebanyak 128 Pramuka Penegak yang berasal dari 8 pangkalan SMK/SMA/MA di Kwartir Cabang Banyumas, mengikuti kegiatan perkemahan Gladi Widya Ksatria Kendalisada (GWKK) 2023 yang digelar oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) di Lapangan Desa Dawuhan Wetan, Kecamatan Kedung Banteng, Sabtu (24/06).

Kegiatan diawali dengan Pertunjukan Tari Trubus Sumirat dari pangkalan SD N 1 Keniten dengan mengusung tema BERKREASI (Berbudaya, Kreatif, Berprestasi).

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Agus Nur Hadie mengatakan kegiatan GWKK ini merupakan kegiatan perlombaan dalam bentuk perkemahan untuk anggota pramuka penegak SMA/SMK/MA yang ada di Kwartir Cabang Banyumas. 

Kata dia, ini merupakan kegiatan rutin 5 tahunan yang dilaksanakan oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) Banyumas dimana ini merupakan ajang bergengsi bagi pramuka penegak yang bertujuan untuk mecari sangga terbaik yang nantinya akan mewakili Kwartir Cabang Banyumas dalam kegiatan yang sama di Tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah dengan nama Gladi Widya Cakra Adi Birawa.

"GWKK merupakan kegiatan perkemahan yang menjadi ciri khas Kwartir Cabang Banyumas dan dilaksanakan secara serentak di tingkat Kwartir Cabang se-Jawa Tengah pada tahun yang sama dengan nama dasar “Gladi Widya.” Kemudian, setiap daerah memiliki ciri khasnya sendiri, dan di Banyumas dikenal dengan nama “Gladi Widya Ksatria Kendalisada,” jelasnya.

Kepada para peserta, Agus berpesan agar menjunjung tinggi sportifitas dalam perlombaan dan menjunjung tinggi nilai nilai yang terkandung dalam Dasa Dharma.

"Tunjukan bahwa perlombaan ini merupakan sarana untuk evaluasi diri dan melihat hasil dari latihan skill kepramukaan maupun pengetahuan yang didapatkan dalam lingkup gugus depan,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Sangga Kerja Nada Ayu Widyaningrum, S.Pd mengatakan tujuan dilaksanakan GWKK adalah sebagai wahana evaluasi untuk melihat kualitas pramuka Penegak di wilayah Kwartir Cabang Banyumas. 

‘’Kegiatan diikuti oleh 16 yang terdiri 8 sangga putra dan 8 sangga putri, masing masing sangga 8 peserta, sehingga total peserta sebanyak 128 orang. Mereka didampingi Pembina Pendamping,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Nada, ada berbagai jenis lomba yang dilaksanakan antara lain Lomba Scouting Skill, Lomba Karya Tulis Ilmiah,  Lomba Teknologi Tepat Guna, Lomba Saliro Busono, Lomba K3 Perkemahan, Lomba Tertib Administrasi dan Lomba Cerdas Tangkas Pramuka.

“GWKK ini dilaksanakan selama empat hari, Sabtu 24 Juni – Selasa 27 Juni 2023 di Lapangan Desa Dawuhan Wetan Kedungbanteng, kegiatan ini juga merupakan seleksi dimana Juara  I putra maupun putri, akan mengikutikegiatan yang sama ditingkat provinsi yaitu Gladi Widya Cakra Adi Birawa“  pungkasnya (MA)


 

0 Komentar